top of page

Profile

Join date: Nov 7, 2022

About

Hebat Sekali Ini 7 Rekreasi Susur Sungai


Selainnya pantai, pegunungan, rimba, danau, salah satunya daya tarik alam Indonesia yang kita banggakan ialah sungai. Iya, warga Indonesia semenjak sejak dahulu tidak jauh dari kehidupan sungai, ingat demikian menebarnya sungai-sungai di semua penjuru negeri. Sahabat kami juga tentunya pernah berkunjung sungai paling dekat seperti pada perdesaan yang asri, kan? Nach, agar mengenal lebih dekat kembali dengan keindahan sungai, yok, coba rekreasi susur sungai di tujuh sungai berikut!


1. Sungai Musi, Sumatra Selatan

Siapakah yang tidak mengenal dengan sungai paling panjang di Pulau Sumatra yang berada di Kota Pempek? Iya, apalagi jika bukan Sungai Musi yang memotong Kota Palembang, Ibu Kota Propinsi Sumatra Selatan, jadi dua sisi, yakni Ilir untuk panggilan sisi utara dan Ulu pada bagian selatan. Dengan panjang yang capai sampai 750 km.


Sahabat kami dapat telusuri tiap sudutnya. Lewat Tempat Wisata susur sungai, Sahabat kami dapat coba speed boat atau kapal ketek yang layani beragam tujuan di sejauh Sungai Musi, seperti ke Warung Apung Pindang Ikan di Pasar Tradisionil 16 Ilir, Daerah Kapitan, Mushola Ki Muara Ogan, sampai ke Pulau Kemarau.


  • Alamat : Palembang, Sumatra Selatan


2. Cukang Taneuh, Jawa Barat

Ingin yang adem-adem di Jawa Barat? Inilah tujuan unggulan kebangaan Priangan Timur, Cukang Taneuh atau seringkali dikenali dengan panggilan Green Canyon yang berada di Pangandaran. Seperti surga terselinap yang tergambar di dunia dongeng, sejuk dan hijaunya ke-2 tebing tinggi yang mengapit sungai jernih warna hijau tosca sangat menarik. Sahabat kami yang ingin telusuri keelokan Cukang Taneuh dapat memakai perahu kayu yang disebutkan ketinting. Wah, jadi ingin tahu, ya?


  • Jam Membuka: Senin-Kamis 08.00 - 16.00 WIB, Jumat 13.00 - 16.00 WIB, Sabtu-Minggu 07.30 - 16.00 WIB

  • Alamat : Jalan Raya Cijulang, Desa Karangpaci, Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat


3. Sungai Maron, Jawa Timur

Jawa Timur tidak kalah dari panggilan Amazon ala-ala Jawa Timur-nya. Iya, panggilan ini didapat Sungai Maron yang berada di Kabupaten Pacitan. Demikian masuk gerbang tertulis Rekreasi Sungai Maron, Sahabat kami langsung bisa mengunjungi jasa perahu untuk telusuri sungai ini. Seorang pemandu akan pimpin perjalanan dengan jalur 4,5 km yang memiliki durasi sekitaran 45 menit. Sajian pohon-pohonan kelapa, jambu, dan air sungai yang hijau mempersejuk mata! Disamping itu, di sini ada juga spot photo yang instagramable yakni ayunan cinta. Wah, tentu hebat nih!


  • Jam Membuka : 07.00 - 17.00 WIB

  • Alamat : Desa Maron, Dusun Dersono, Kec. Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


4. Sungai Ayung, Bali

Jika sudah dengar kata Pulau Dewata, Sahabat kami tentu sudah terpikir kan bagaimana serunya susur sungai di salah satunya sungai paling panjang di Bali? Iya, sungai itu tidak lain ialah Sungai Ayung. Sungai yang terhampar sejauh 62 km dari tempat utara gunung sampai turun ke selat Badung di Sanur ini biasa jadi lokasi favorite untuk arung jeram. Serunya coba sarana arung jeram ini memicu adrenalin Sahabat kami karena tracknya yang panjang dan penuh halangan tapi masih tetap aman. Waktu tempuhnya sendiri capai sekitaran 2 jam, jadi dapat seru-seruan cukup lama nih bersama besties!


  • Alamat : Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali


5. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Bagaimana ya rasanya telusuri sungai paling panjang di Indonesia? Rekor itu dipakai oleh Sungai Kapuas yang berada di Kalimantan Barat. Capai panjang 1.143 km dengan hilir di Pegunungan Muller dan hilirnya di Selat Karimata, sungai ini melalui Kota Pontianak dan empat kabupaten yang lain. Untuk merekam tiap pojok keindahan Sungai Kapuas, Sahabat kami dapat menyusurinya dengan kapal rekreasi. Lokasinya ada di Taman Alun Kapuas, di mana Sahabat kami dapat naiki kapal ini dimulai dari 6 pagi sampai 8 malam.

  • Alamat : Pontianak, Kalimantan Barat


6. Sungai Sekonyer, Kalimantan tengah

Berpindah ke Kalimantan tengah, silahkan kita kunjungi Amazonnya Indonesia! Apa lagi jika bukan Sungai Sekonyer. Jika Sahabat kami singgah ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang berada di Kotawaringin Barat, Sungai Sekonyer yang berada di sini dapat disusuri memakai sebuah perahu yang disebutkan perahu kelotok atau perahu tradisionil yang dibuat dari kayu ulin. Telusuri sungai yang asri ini akan memerlukan waktu sekitaran 3-4 jam dengan disajikan panorama rimba hujan, semak-semak, dan flora dan fauna ciri khas TNTP. Menarik ya, Seperti di Wisata Batu.


  • Alamat : Kumai Hulu, Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan tengah


7. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

Jika barusan ada sungai paling panjang di Kalimantan Barat, saat ini silahkan berpindah ke sungai paling besar di Kalimantan Timur, yakni Sungai Mahakam. Nama sungainya sendiri telah kedengar akrab, karena sungai yang besar ini memotong Kota Samarinda, melalui Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan bersumber di Selat Makassar.

Nach, untuk telusuri sungai ini, sekarang pemerintahan di tempat sudah sediakan kapal rekreasi yang dengan diawali nama pesut, yakni nama mamalia air tawar ciri khas Sungai Mahakam. Kapal rekreasi ini sediakan banyak jalur dengan durasi waktu sekitar 2 sampai 5 jam, bergantung opsi jalurnya. Wah, jadi tidak sabar ingin naik kapalnya, ya?

  • Alamat : Kota Samarinda, Kalimantan Timur


Tidak sangka ya rupanya daya tarik sungai di Indonesia bukan hanya jadi sumber kehidupan warga sekitaran, tapi juga mengundang perhatian pelancong internasional akan keindahannya. Tetapi ingat, saat lakukan rekreasi susur sungai, yakinkan untuk patuhi proses keamanan yang diinstruksi oleh pemandu rekreasi di tempat, ya! Nach, selainnya rekreasi susur sungai, Sahabat kami juga bisa berkunjung air terjun yang instagramable dan olahraga air di Bali yang tidak kalah hebat!

RachelMathews

More actions
bottom of page