Profile

Join date: Oct 27, 2022

About

10 Tempat Rekreasi Pontianak dan Sekelilingnya Favorite Pelancong


Dikenali sebagai kota khatulistiwa Indonesia, Pontianak memesona siapa saja yang berkunjung dengan keelokan alam dan budayanya. Salah satunya yang menjadi icon ibukota propinsi Kalimantan Barat ini ialah sungai Kapuas.


Sungai yang menghampar sejauh 1.143 km ini dikukuhkan sebagai sungai paling panjang di Indonesia dengan lebar sekitaran 70-150 mtr.. Tentu saja, sungai ini bukanlah salah satu daya magnet kota Pontianak.


Kota yang kabarnya asal mula namanya cukup menakutkan ini rupanya disanggupi spot rekreasi yang membahagiakan, Dimulai dari alam yang cantik sampai bangunan monumental dapat kamu dapatkan di sini. Yok, Baca secara lengkap!


Opsi Object Rekreasi Terbaik di Pontianak:

Menurut situs iTrip, Janganlah lupa persiapkan camera untuk mendokumentasikan peristiwa spesialmu saat di Pontianak, Untuk pendamping, kacamata hitam bisa juga jadi tambahan yang cocok saat berkunjung tujuan rekreasi di kota khatulistiwa ini!


1. Coffee Street Pontianak

Kamu yang hoby ngopi akan bertemu ‘surga' di sini. Coffee Street Pontianak ialah jalan umum yang diperkembangkan jadi pusatnya warung kopi yang siap menganakemaskan lidah kamu dengan kopi berkualitas.


Membuka dari pagi sampai malam, kamu dapat telusuri Jl. Gadjah Mada alias Coffee Street sama sesuai situasi yang kamu gemari! Janganlah bingung jika makin malam makin ramai, Toppers. Teritori ini telah lama jadi favorite untuk kumpul bersama!


  • Lokasi: Jl. Gajah Mada No.1, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel, Kota Pontianak, Kalimantan Barat

  • Jam Operasional: Tiap hari 08.00-23.00 WIB


2. Monumen Sebelas Digulis Kalimantan Barat

Monumen ini sering disebutkan Tugu Digulis, Tugu Bambu Lancip, atau Tugu Bundaran Utan. Tugu ini simpan cerita mengenai perjuangan sebelas figur Sarekat Islam di Kalimantan Barat, Toppers.


Dahulu, kesebelas figur itu dibuang ke Boven Digoel, Irian Barat karena cemas gerakan mereka akan memacu perlawanan pada pemerintahan Hindia Belanda di Kalimantan.


Selainnya menyaksikan cantiknya monumen dan kenang kembali riwayat di sini, kamu dapat santai dan beberapa foto di Taman Digulis, Taman UNTAN, atau Taman Ahmad Yani yang melingkari Monumen Sebelas Digulis.


  • Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115

  • Jam Operasional: 24 jam


3. Tugu Khatulistiwa

Tidak hanya sebagai icon, Tugu Khatulistiwa yang berada sekitaran 3 km dari kota Pontianak ini sebagai kebanggaan warga pontianak. Selainnya dapat berekreasi nikmati arsitektur dari tugu ini, di tempat wisata unggulan Pontianak ini Toppers dapat pelajari beberapa informasi sekitar garis Khatulistiwa.


Kekhasan lain dari tujuan berlibur di Pontianak ini ialah di saat tanggal 21 - 23 Maret atau 21 - 23 September, ada peristiwa di mana matahari ada pas di atas garis khatulistiwa hingga semua benda yang ada di atas garis ini tidak mempunyai bayang-bayang.


  • Lokasi: Jl. Khatulistiwa No.Kel, Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78244

  • Jam Operasional: Tiap hari, 07.30-21.00 WIB

  • Ticket Masuk: Gratis*


4. Museum Negeri Kalimantan Barat

Untuk Toppers yang ingin pelajari lebih dalam berkenaan Kota Pontianak dan Propinsi Kalimantan Barat, Museum Kalimantan Barat bisa saja tujuan berlibur di Kalimantan Barat seterusnya untuk didatangi.


Tujuan rekreasi pembelajaran di Kalimantan Barat ini memperlihatkan koleksi Geografika/Geologika berbentuk peta dan tipe bebatuan: koleksi biologika, arkeologika, historika, numismatika, dan keramologika berbentuk tempayan, piring, mangkok, sendok, dan yang lain yang dari China, Vietnam, Jepang, Eropa, dan keramik lokal Singkawang.


  • Lokasi: Komplek Museum Negeri Pontianak, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Sel, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121

  • Jam Operasional:

  • Selasa-Jumat: 08.00-16.00 WIB

  • Sabtu-Minggu: 08.00-13.00 WIB

  • Ticket Masuk: Dimulai dari Rp2.000/orang*


5. Keraton Kadriah

Tempat rekreasi Pontianak setelah itu sebuah Bangunan Keraton warisan Kesultanan Pontianak. Keraton Kadrianh ini dibangun pada 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, sultan pertama Kesultanan Pontianak.


Selainnya nikmati keelokan arsitektur bangunan monumental di Pontianak ini, Toppers bisa juga mendapati beragam beberapa benda monumental seperti meriam kuno warisan Jepang dan Portugis dan perabot-perabot monumental warisan Sultan dan Permaisuri.


Di sini, terjadap Al-Quran yang dicatat tangan sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.


  • Lokasi: Jl. Tj. Raya No.1, Dalam Bugis, Pontianak Team, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243

  • Jam Operasional: Tiap hari, 10.00-17.00 WIB

  • Ticket Masuk: Rp5.000/orang*


6. Rumah Rentang Radakng

Satu kembali tujuan rekreasi Kalimatan Barat di mana Toppers dapat kagum pada keelokan arsitektur Nusantara ialah Rumah Betang Radakng. Tiruan rumah tradisi suku Dayak di Kalimantan Barat ini raih rekor sebagai rumah tradisi paling panjang di Indonesia. Panjang rumah ini capai 138 mtr. dengan lebar 5 mtr. dan tinggi 7 mtr..


Walaupun cuma tiruan, rumah tradisi dari Suku Dayak Kanayatn ini masih sering dipakai untuk beragam kegiatan seni dari Suku Dayak di Kalimatan Barat.


  • Lokasi: Jalan Letjen Sutoyo, Kalimantan Barat

  • Jam Operasional: Tiap hari, 07.00-17.00 WIB


7. Mushola Jami Pontianak

Populer sebagai Mushola Sultan Syarif Abdurrahman, tujuan rekreasi religius di Kalimatan barat ini sebagai salah satunya mushola paling tua sebagai saksi terciptanya kota Pontianak.


Berdiri istimewa di pinggiran Sungai Kapuas, Mushola Jami Pontianak berdiri dengan 4 tingkat Atap dan berpenampilan pantung untuk menghindar banjir saat Sungai Kapuas melimpah.


  • Lokasi: Daerah Beting, Kelurahan Dalam Bugis, Pontianak Timur

  • Jam Operasional: 24 jam


8. Daerah Rekreasi Kuantan

Rekreasi di pinggir Sungai Kapuas yang lain dapat Toppers datangi saat liburan ke Pontianak ialah Daerah Rekreasi Kuantan. Datang dengan bermacam beragam warna menarik dan kreasi seni lukisan mural, rekreasi ini termasuk arah rekreasi Kalimantan Barat yang instagramable.


Selainnya nikmati serunya situasi daerah, Toppers bisa juga nikmati senja yang romantis sambil berekreasi kulineran dengan beragam makanan ciri khas yang ditawarkan di pinggiran sungai Kapuas.


  • Lokasi: Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan

  • Jam Operasional: Tiap hari, 16.00-00.00 WIB (untuk kafe-kafenya)


9. Pantai Pasir Panjang

Yang berkunjung Pontianak karena rekreasi alamnya, Pantai Pasir Panjang dapat menjadi tujuan rekreasi Pontianak yang harus disinggahi. Dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, Seperti Tempat Wisata di Majalengka. pantai ini dikenal juga sebagai spot surfing favorite. Buat kamu yang tidak sukai berseluncur, habiskan waktu santai di pinggiran pantai bisa juga jadi opsi berlibur yang memikat.


  • Lokasi: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang

  • Jam Operasional: Tiap hari, 08.00-18.00 WIB

  • Ticket Masuk: Dimulai dari Rp10.000/orang*


10. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center ialah pusat budidaya tanaman lidah buaya yang sering jadi daya magnet rekreasi kota Pontianak. Selainnya menjumpai bentangan kebun lidah buaya, Toppers bisa juga melihat proses pemrosesan Aloe Vera jadi beragam produk seperti dodol, permen, sampai beragam kosmetik.


Bertandang ke sini, janganlah lupa membawa beragam produk buatan lidah buaya sebagai oleh-olehan untuk keluarga. Tentu saja, membawa sebagai oleh-oleh tidak percuma karena ada beberapa faedah lidah buaya yang dapat dirasa oleh siapa saja.


  • Lokasi: Jl. Budi Utomo, Siantan Hilir, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78242

  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 08.00-16.00 WIB

  • Ticket Masuk: Rp5.000/orang*

StanleyFelisha

More actions